-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Atau Macet Cepat dan Simpel

Sunday, July 25, 2021 | July 25, 2021 WIB Last Updated 2021-07-25T13:42:00Z

 




8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Atau Macet Cepat dan Mudah 

Saat sebelum mulai menanggulangi laptop yang lemot, terdapat baiknya kalian tahu terlebih dulu apa pangkal kasus yang membuat laptop lemot.

Ada sebagian aspek pemicu laptop lemot dikala internetan ataupun apalagi dikala lagi tidak melaksanakan kegiatan sekalipun.

  1. Sangat banyak startup programs alias aplikasi yang berjalan di latar belakang secara otomatis dikala kalian menyalakan laptop. Terus menjadi banyak aplikasi, hingga kian lelet laptop dikala booting.
  2. Umur harddisk telah sangat tua. Terus menjadi tua jenis HDD pasti pula hendak mempengaruhi performa laptop secara totalitas.
  3. Harddisk penuh oleh informasi pengguna. Apalagi seseorang ahli berkata harddisk yang penuh sampai 95% hendak memperlambat laptop sampai 50%.
  4. Kapasitas RAM yang sangat kecil, disebabkan pada laptop- laptop dengan harga terjangkau sangat besar RAM yang digunakan berkisar antara 2- 4GB saja.
  5. Melaksanakan sangat banyak aplikasi dalam satu waktu yang membebani kinerja RAM. Terlebih jika multitasking aplikasi berat semacam Photoshop serta Premiere misalnya pada RAM 4GB.
  6. Sangat banyak add- ons pada browser, misal Internet Unduh Manager, AdBlocker, serta yang lain. Secara tidak siuman, browser jadi terbebani serta memperlambat laptop dikala internetan.
  7. Sangat banyak tab yang dibuka pada browser. Sebab perihal ini nyatanya pula lumayan menghabiskan RAM laptop, terlebih bila web yang dibuka mempunyai fitur auto- refresh.
  8. Laptop diserbu virus yang dapat saja memperlambat apalagi mengganggu laptop. Makanya kalian wajib waspada terhadap bermacam file mencurigakan, baik online ataupun offline.
  9. Antivirus sangat aktif. Walaupun aplikasi ini jitu melenyapkan virus, tetapi aplikasi antivirus yang berjalan di latar belakang pasti hendak memperlambat kinerja harddisk sekalian laptop.
  10. Tidak sering melaksanakan pembaharuan sistem pembedahan, baik pengguna Windows ataupun MacOS. Sebab tidak tidak sering pembaharuan OS hendak membetulkan kekurangan yang menimbulkan laptop jadi lemot.





1. Mengubah Harddisk( HDD) dengan SSD

Bila nyatanya kasus tiba dari harddisk( HDD), langkah dini yang dapat kalian jalani merupakan melaksanakan proses defrag buat menyegarkan kembali performanya.

Jika metode menanggulangi laptop lemot Windows 10 serta yang lain ini nyatanya masih kurang jitu, kalian dapat mengubah ke HDD terkini ataupun memakai Solid State Drive( SSD).

Perbandingan HDD serta SSD tidak hanya pada performanya, pasti hendak membuat proses booting jadi lebih kilat serta responsif.

Sangat dianjurkan buat memakai SSD cuma buat muat sistem pembedahan saja, sebab ukurannya yang dikala ini terbilang kecil serta biayanya yang pula lumayan mahal dibandingkan HDD.




2. Melaksanakan Upgrade Kapasitas RAM

Tidak hanya melaksanakan upgrade pada HDD, kalian pula dapat berupaya metode menanggulangi laptop lemot pada Windows 10 serta yang lain dengan melaksanakan akumulasi kapasitas RAM pada laptop yang kalian miliki.

Biasanya, pabrikan laptop hendak membekali laptop kalian dengan kapasitas RAM berkisar antara 2- 4GB. Sementara itu buat melaksanakan aplikasi dikala ini memerlukan laptop RAM 8GB,




3. Melaksanakan Perawatan Hardware Secara Rutin

Sangat banyak orang yang terkadang melupakan perihal berarti yang satu ini. Nyatanya supaya performa laptop dapat senantiasa ngebut, kalian butuh sesekali melaksanakan perawatan hardware. 

Tidak hanya mensterilkan sampah laptop, paling tidak kalian pula wajib melaksanakan metode menanggulangi laptop lemot Windows 8 serta yang lain ini minimun setahun sekali, loh.

Metode mensterilkan laptop supaya tidak lemot dapat diawali dari kipas, motherboard, sampai penggantian thermal paste pada bagian prosesor laptop, geng.

 


4. Gunakan Aksesori Pendukung Laptop

Salah satu pemicu laptop lemot merupakan overheat yang pula pengaruhi kinerja serta performa. Kalian dapat meningkatkan aksesori misalnya cooling pad ataupun kipas bonus supaya temperatur laptop senantiasa terpelihara.

Tidak hanya itu kalian pula dapat memakai vacuum cooler yang pula dapat menyedot hawa panas keluar yang gunanya pula bersama buat melindungi temperatur laptop supaya senantiasa dingin.

Metode membuat laptop tidak lemot dikala internetan serta melaksanakan kegiatan yang lain ini memanglah terdengar sepele, tetapi akibatnya cukup terasa, lho!

 


5. Melaksanakan Full Scan dengan Aplikasi Antivirus

Virus umumnya hendak membuat kinerja laptop jadi lebih ekstra sehingga hendak terasa lemot dikala kalian pakai. Salah satu pemecahan kasus ini pasti merupakan dengan aplikasi antivirus terbaik.

Banyak saran aplikasi antivirus laptop yang dapat digunakan. Nah, Jaka pula sarankan buat melaksanakan full scan secara teratur minimun seminggu sekali.

Tidak hanya itu, jangan kurang ingat buat mematikan fitur automatic scan supaya antivirus tidak berjalan di latar belakang kalian serta membuat laptop kalian malah tambah lemot!




 6. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Sempat merasakan laptop baru telah lemot sementara itu baru kalian beli? Dikala memakai laptop, Jaka percaya tentu kalian telah install banyak aplikasi sampai tidak terhitung jumlahnya, kan?

Realitasnya, banyak dari aplikasi tersebut yang tidak sering kalian gunakan. Nah, buat metode menanggulangi laptop hang serta lemot, jalani uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan tersebut, geng.

Metode menanggulangi laptop lemot pada Windows 10 ini dapat lewat menu bawaan yang ada pada Settings ataupun memakai aplikasi uninstaller, semacam CCleaner serta yang lain.



7. Gunakan Aplikasi Tipe Lama Ataupun Tipe Lite

Eits, jangan sempat gengsi buat gunakan aplikasi lama! Alasannya, pembaharuan aplikasi terkini walaupun membagikan banyak fitur, tetapi dapat saja membebani perangkatmu.

Selaku solusinya, kalian dapat melaksanakan metode membetulkan laptop lemot dengan meng- install aplikasi tipe lama yang biasanya memiliki fitur esensial yang tidak jauh berbeda dibandingkan tipe update- nya.



8. Pakai Aplikasi Booster

Pemakaian yang kurang maksimal dapat membuat kinerja laptop lelet serta tersendat. Makanya buat memudahkan, kalian dapat meng- install software- software pendukung kinerja semacam aplikasi booster.

Banyak kok aplikasi yang dapat kalian coba, semacam CCleaner dann Advance System Care, serta yang lain. Metode menanggulangi laptop lemot tanpa install ulang ini harus banget kalian coba.

Aplikasi booster hendak melaksanakan optimalisasi, misal menghapus history browser, menghapus cookies serta cache, menghapus recycle bin, serta yang lain yang mempengaruhi kinerja laptop.





×
Berita Terbaru Update